Skripsi / Tugas Akhir

19200011090
AHMAD FATHUL MALIK



PROBLEMATIKA GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 SMK DI KABUPATEN BLORA


Abstrak - ABSTRAK Ahmad Fathul Malik, NIM 19200011090. Problematika Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 SMK Di Kabupaten Blora. Pascasarjana Universitas Wahid Hasyim Semarang. Kata Kunci: Problematika Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Dan Menganalisis 1) Problematika Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 SMK Di Kabupaten Blora, 2) Upaya Guru Dan Orang Tua Mengatasi Problematika Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 SMK Di Kabupaten Blora, 3) Implikasi Pembelajaran Daring Guru Dan Orang Tua Dalam Motivasi Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 SMK Di Kabupaten Blora. Metode Penelitian Ini Adalah Dengan Pendekatan Kualitatif, Sedang Sifat Penelitian Adalah Deskriptif, Analisis Deduktif Merupakan Bagian Dari Metode Analisis Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini. Analisis Deduktif Merupakan Penarikan Kesimpulan Yang Berdasarkan Atas Data-data Yang Khusus Kemudian Digeneralisasikan Pada Hal-hal Yang Bersifat Umum, Metode Penggalian Data Menggunakan Metode Wawancara. Hasil Pernelitian Pertama Problematika Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi SMK Bhakti Husada PGRI Blora 1) Beban Tugas Sekolah Yang Banyak. 2). Siswa Bermain Sendiri Dengan Hpnya. 3) Siswa Dan Guru Tidak Bisa Melakukan Praktek Pembelajaran. 4) Ketidaktepatan Waktu Dalam Pengumpulan Tugas. 5) Adanya Perilaku Plagiarisme Dalam Tugas. SMK Kristen Blora: 1) Siswa Bosan Belajar. 2) Perbedaan Kemampuan Siswa 3) Guru Dan Siswa Kurang Paham Teknologi. 4) Tidak Punya Fasilitas. SMK NU Sirojul Huda: 1) Karena Keterbatasan Fasilitas Dan Penguasaan Teknologi, 2) Mata Pencaharian Orang Tua 3) Rendahnya Kemandirian Belajar. 4) Tugas Siswa Merasa Beban. 5) Jaringan Internet Yang Tidak Stabil. Kedua Upaya Guru Dan Orang Tua Mengatasi Problematika Pembelajaran SMK Bhakti Husada Blora. 1) Solusinya Dengan Bimbingan Orang Tua. 2) Solusinya Pelatihan Seminar, Workshop. 3) Bimbingan Orang Tua, 4) Hukuman Edukatif. SMK Kristen Blora 1) Pembinaan Orang Tua. 2) Visit Home. 3) Pelatihan Peningkatan SDM. 4) Diberikan Pinjaman Sekolah. SMK NU Sirojul Huda 1) Aktif Melakukan Komunikasi. 2) Memberi Memotivasi. 3) Peningkatan SDM Guru. Ketiga Implikasi Pembelajaran Daring Oleh Guru Dan Pendampingan Pembinaan Oleh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Bhakti Husada 1) Motivasi Belajar Meningkat, 2) Minat Belajar Meningkat, 3) Kemandirian Belajar Meningkat. SMK Kristen Blora 1) Siswa Lebih Disiplin Melaksanakan Pembelajaran Daring. 2) Semangat Belajar Meningkat. SMK NU Sirojul Huda. 1) Kemandirian Belajar Meningkat. 2) Lebih Aktif Mengerjakan Tugas Belajar. 3) Lebih Disiplin Belajar.
Silahkan login untuk meminjam