Skripsi / Tugas Akhir

18200011236
SYAMSUL FALAH



STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19 DI SMK AS-SYAMSURIYYAH DAN SMK BHAKTI UTAMA NU KABUPATEN BREBES


Abstrak - Syamsul Falah, NIM. 18200011236: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMK As-Syamsuriyyah Dan SMK Bhakti Utama NU Kabupaten Brebes, Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Tahun 2021. Kata Kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Kemampuan Kognitif Siswa, Masa Pandemi Covid-19 Pendidikan Adalah Sarana Mempersiapkan Orang Yang Sedang Tumbuh (generasi) Untuk Agama Dan Dunia Di Dalam Suatu Keadaan Dan Membentuknya (agar Berfikir) Rasional Dan Berakhlak Dan Menjadikanya Memiliki Kemampuan Untuk Berusaha Produktif Sesuai Dengan Minat Dan Bakatnya Yang Memungkinkan Terpenuhinya Kebutuhan Hidupnya. Penggunaan Strategi Yang Sesuai Dalam Proses Pembelajaran Dapat Mendukung Tercapai Tujuan Pembelajaran, Tetapi Penggunaan Strategi Yang Tidak Sesuai Dapat Menyebabkan Kesulitan Bagi Peserta Didik Dalam Memahami Pelajaran Yang Disampaikan, Sehingga Tujuan Pembelajaran Tidak Tercapai Secara Efektif Dan Efesien. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Memahami Dan Menganalisis: (1) Konsep Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMK As-Syamsuriyyah Dan SMK Bahakti Utama NU Kabupaten Brebes (2) Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kognitif Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMK As-Syamsuriyyah Dan SMK Bahakti Utama NU Kabupaten Brebes (3) Desain Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Di Masa Pendemi Covid-19 Di SMK As-Syamsuriyyah Dan SMK Bahakti Utama NU Kabupaten Brebes. Penelitian Ini Menggunakan Pendekatan Kualitatif Jenis Penelitian Lapangan. Metode Pengumpulan Datanya Adalah Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Menggunakan Model Analisis Interaktif Miles Dan Huberman Yang Mencakup Empat Komponen Yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data Dan Penarikan Kesimpulan. Pengecekan Keabsahan Data Menggunakan Teknik Triangulasi, Yakni Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Yang Memanfaatkan Sesuatu Yang Lain Dalam Membandingkan Hasil Wawancara Terhadap Objek Penelitian. Temuan Penelitian Menunjukkan Bahwa: (1) Konsep Yang Diterapkan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Dimasa Pandemic Antara Lain: Perencanaan Pembelajaran Daring; Menyiapkan Media (2) Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kognitif Siswa Di Masa Pandemi Antara Lain Menggunakan Aplikasi Online, Metode Yang Digunakan Juga Sesuai Online, Sanggup Sarana Dan Prasarana (3) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Di Masa Pandemi. Pembelajaran Menyangkut Tiga Hal Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi.
Silahkan login untuk meminjam