Skripsi / Tugas Akhir

18200011055
Muh. Khoirul Umam



STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM PESANTREN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KENDAL


Abstrak - ABSTRAK Muh. Khoirul Umam, NIM 18200011055, Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Melalui Program Pesantren Di Madrasah Aliyah Negeri Kendal Tesis : Program Pascasarjana Universitas Wahid Hasyim Kata Kunci: Strategi Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Pembentukan Karakter Islami, Pesantren. Rasulullah Saw Diutus Oleh Allah Swt Adalah Untuk Menyempurnakan Akhlak. Secara Umum Akhlak Identik Dengan Karakter. Seiring Perkembangan Zaman Mulai Banyak Menurunnya Karakter Islami Para Peserta Didik, Sehingga Perlu Adanya Strategi-strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Dan Membentuk Karakter Islami Peserta Didik Melalui Program Pesantren Di Madrasah Aliyah Negeri Kendal. Permasalah Penelitian Adalah Konsep Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Melalui Program Pesantren Di Madrasah Aliyah Negeri Kendal, Pelaksanaan Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Rangka Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Melalui Program Pesantren Madrasah Di Madrasah Aliyah Negeri Kendal, Strategi-strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Rangka Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Melalui Program Pesantren Di Madrasah Aliyah Negeri Kendal. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Kualitatif Deskriptif, Dalam Praktiknya Penelitiani Ini Untuk Pengambilan Data Menggunakan Wawancara, Observasi Dan Dokumentasi Sedangkan Teknik Analisis Data Menggunakan Reduksi Data, Sajian Data Kesimpulan Dan Verifikasi, Sedangkan Untuk Menguji Keabsahan Data Menggunakan Teknik Kredibilitas Data, Transferability Data, Dependability Data Dan Konfirmability Data. Temuan Dari Penelitian Adalah 1) Konsep Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Rangka Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Melalui Program Pesantren Di Madrasah Aliyah Negeri Kendal Dengan Optimalisasi Program Ma’had Agar Tercapai Visi Misi Madrasah Aliyah Negeri Kendal Dan Visi Misi Pesantren Sebagai Bagian Dari Program Unggulan Di Madrasah Aliyah Negeri Kendal Yang Konsentrasi Dibidang Tahfidz Dengan Melakukan Bimbingan, Pengarahan, Dan Pembinaan Kepada Pengelola Dan Pengurus Ma’had. Program Ma’had Ini Didasarkan Pada PMA Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesai Nomor: 6988 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Pembelajaran Asrama Pada Madrasah Aliyah Berasrama. Sehingga Peserta Didik Yang Mengikuti Program Tahfidz Dengan Pola Pendidikan Fullday School Mampu Memiliki Karakter Religius, Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Tanggung Jawab Dan Peduli Lingkungan. 2) Pelaksanaan Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Melalui Program Pesantren Dengan Melakukan Bimbingan, Pengarahan Dan Pembinaan Secara Berkala. Sehingga Pelaksanaan Program Pesantren Berjalan Dengan Baik Sesuai Jadwal Yang Ditentukan 3) Strategi- Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Yang Dilakukan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Melalui Program Pesantren Madrasah Di Madrasah Aliyah Kendal Melalui Beberapa Cara Antara Lain Kepemimpinan Yang Demokratis, Keteladanan, Kolaborasi, Melaksanakan Koordinasi Dan Konsolidasi, Pengawasan Secara Langsung, Dan Evaluasi.
Silahkan login untuk meminjam