Skripsi / Tugas Akhir

18200011084
AHMAD FATHONI



STRATEGI PENCEGAHAN FAHAM RADIKALISME MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 TEGAL


Abstrak - ABSTRAK Ahmad Fathoni, NIM 18200011084. Strategi Pencegahan Faham Radikalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 2 Tegal, Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2021 Kata Kunci : Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Radikalisme Faham Radikalisme Sudah Masuk Dunia Pendidikan Melalui Berbagai Bentuk Media Dan Metode. Lembaga Pendidikan Memunyai Kewajiban Untuk Melawan Faham Radikalisme Agar Faham Tersebut Tidak Menjalar Pada Peserta Didiknya. Melawan Radikalisme Diawali Dengan Upaya Preventif Sejak Dini, Terlebih Bagi Anak-anak Usia Sekolah. Oleh Karena Itu, Perlu Adanya Strategi Dalam Menangkal Radikalisme. Penelitian Ini Bermaksud Untuk Mendetesiskan Dan Menganalisis; 1) Bagaimana Perspektif Guru PAI Terhadap Faham Radikalisme, 2) Bagaimana Strategi Menangkal Faham Radikalisme Dan 3) Bagaimana Implementasi Strategi Menangkal Radikalisme Melalui Pembelajaran PAI Di SMA Negeri 2 Tegal. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Upaya SMA Negeri 2 Tegal Dalam Menangkal Radikalisme Melalui Pembelajaran PAI. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Kualitatif-deskriptif, Sumber Data Dalam Penelitian Ini Antara Lain, Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan Dan Guru PAI. Metode Pengumpulan Data Dengan Wawancara, Observasi, Dan Dokumentasi, Yang Dianalisis Menggunakan Teknik Analisis Data John. Creswell. Sedangkan Untuk Menguji Keabsahan Data Menggunakan Teknik Triangulasi Dan Memberchek. Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa; 1) Berdasarkan Perspektif Guru-guru PAI Di SMA Negeri 2 Tegal Tidak Mempunyai Pemahaman Yang Radikal. Hal Ini Dibuktikan Dengan Pernyataan Dan Sikap Mereka Yang Menolak Adanya Radikalimse Dan Melaksanakan Kegiatan-kegiatan Yang Mengandung Nilai-nilai Anti Radikalisme Seperti Menciptakan Perdamaian, Memupuk Toleransi, Dan Menumbuhkan Kasih Sayang. 2) Strategi Menangkal Radikalisme Yang Dilakukan Oleh SMA Negeri 2 Tegal Adalah Dengan Menyeleksi Buku-buku Pelajaran, Mengembangkan Modul Pribadi, Buku Panduan PAI, Dan Tetap Melaksanakan Kegiatan Nasionalisme Seperti Upacara, Pramuka, Dan Lainnya. 3) Implementasi Strategi Pencegahan Faham Radikalisme Di SMA Negeri 2 Tegal Dilakukan Melalui Pembelajaran PAI Di Dalam Dan Di Luar Kelas. Pembelajaran Di Dalam Kelas Dengan Menerapkan Komponen-komponen Pembelajaran, Yaitu Tujuan, Materi, Metode, Media, Dan Evaluasi. Sekolah Mengikuti Kurikulum Nasional Yang Materinya Mengandung Nilai-nilai Anti Radikalisme. Untuk Mengetahui Bahwa Nilai-nilai Anti Radikalisme Sudah Sampai Kepada Peserta Didik, Maka Evaluasi Yang Digunakan Adalah Tes Dan Non Tes Yang Meliputi Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik. Pembelajaran Di Luar Kelas Menginternalisasikan Nilai-nilai Anti Radikalisme Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler, Keagamaan, Dan Nasionalisme.
Silahkan login untuk meminjam