Skripsi / Tugas Akhir

18200011016
AHMAD MUNSIP



STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PEMENUHAN STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMP NU TERPADU BREBES


Abstrak - Peningkatan Mutu Pendidikan Merupakan Salah Satu Pilar Pokok Dalam Membangun Pendidikan Di Indonesia, Karena Jika Pendidikan Sudah Bermutu, Maka Akan Menghasilkan Sumber Daya Manusia Yang Cerdas Dan Kompetitif. Hal Penting Dalam Memperbaiki Sistem Pendidikan Di Indonesia Adalah Lebih Kepada Meningkatkan Mutu Dari Tenaga Pendidiknya Terlebih Dahulu, Agar Kualitas Dari Lembaga Pendidikan Dengan Sendirinya Juga Akan Lebih Berkembang. Begitu Pentingnya Peran Dan Fungsi Dari Guru/pendidik, Sehingga Eksistensi Dan Kompetensi Dari Pendidik Sangatlah Menentukan Mutu/kualitas Pendidikan Di Suatu Lembaga Pendidikan. Permasalahan Yang Dibahas Dalam Penelitian Ini Meliputi Pemenuhan Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan, Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pemenuhan Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan, Dan Implikasi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pemenuhan Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di SMP NU Terpadu Brebes. Untuk Membahas Permasalahan Tersebut, Digunakan Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Interrelationship Studies, Sedangkan Pengumpulan Data Di Lapangan Dilakukan Dengan Menggunakan Teknik Observasi, Dokumentasi Dan Wawancara. Data Yang Dikumpulkan Kemudian Diolah Melalui Tahapan Reduksi Data, Display Data, Dan Verifikasi Data, Lalu Dianalisis Secara Kualitatif Dan Ditarik Kesimpulan. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Pemenuhan Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di SMP NU Terpadu Brebes Telah Terpenuhi Dengan Baik Sebagaimana Standar Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Yang Telah Di Tetapkan Oleh Pemerintah, Disamping Itu Ada Kebijakan (internal) Tambahan Untuk Pendidik Dan Tenaga Kependidikannya, Yaitu Lancar Membaca Al-Qur’an, Mampu Mengintegrasikan Nilai-nilai Kesilaman (al-Qur’an) Di Dalam Proses Pembelajaran. Karena Sekolah Menginginkan Seorang Pendidik Dan Tenaga Pendidikan Professional Yang Tidak Hanya Cerdas Dan Intelektul (iptek) Saja, Namun Juga Seimbang Dengan Imtaq-nya. Sedangkan Strategi Yang Dilakukan Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pemenuhan Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di SMP NU Terpadu Brebes, Diantaranya: Komitmen Bersama Seluruh Stakeholder Sekolah, Merumuskan Visi Dan Misi Berbasis Mutu, Memberdayakan Seluruh Komponen, Penciptaan Budaya Positif, Pelibatan Masyarakat, Adanya Reward And Punishment, Evaluasi Diri Sekolah, Membuat Perencaan Sekolah Berbasis Mutu, Melaksanakan Kontrol Manajerial, Dan Perbaikan Terus Menerus. Dan Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pemenuhan Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Yang Telah Dilakukan Berimplikasi Pada Beberapa Hal/sektor. Pertama, Implikasi Terhadap Institusi Sekolah, Implikasi Terhadap Manajemen Sekolah, Implikasi Terhadap Siswa Dan Alumni, DAN Implikasi Terhadap Masyarakat Sekitar. Kata Kunci : Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan, Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan
Silahkan login untuk meminjam