Skripsi / Tugas Akhir

20200011007
RADEN RORO SINDU PERWITASARI



STUDI ANALISIS PENERAPAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH YOGYAKARTA


Abstrak - ABSTRAK Raden Roro Sindu Perwitasari, NIM : 20200011007. (Studi Analisis Penerapan Nilai-Nilai Multikultral Dalam Pendidikan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Yogyakarta: Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2022) Kata Kuci: Nilai-Nilai Multikultural, Pendidikan Islam Permasalahan Penelitian Ini Adalah Konsep Pembelajaran Di MTs Nurul Ummah Yang Mengacu Pada Penerapan Nilai-nilai Multikultural Dan Penerapan Nilai-nilai Multikultural Dalam Pendidikan Islam Di MTs Nurul Ummah Yogyakarta. Metode Penelitian Ini Menggunakan Peneitian Kualitatif. Teknik Pengumpulan Data Data Melalui Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi.Studi Dokumen Yang Diuji Keabsahannya Melalui Kredibilitas,dependabilitas, Konfirmabilitas, Dan Transferabilitas. Data Yang Telah Diperoleh Kemudian Dianalisis Menggunakan Teknik Analisis Data Yaitu Reduksi Data, Penyajian Data Dan Verifikasi Data. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Pemahaman Siswa Tentang (1) Bentuk Penerapan Nilai-nilai Multikultural Yang Mencakup: Menerapan Nilai Toleransi Dalam MATSAMA Dilakukan Dengan Praktek Saling Mengenalkan Kepada Peserta Didik Terkait Lingkungan Sekolah, Menjalin Keakraban Satu Sama Lain Serta Memperkuat Nilai Keaswajaan Sesuai Yang Diprogramkan Oleh MTs Nurul Ummah Yogyakarta, Menerapkan Nilai Demokrasi Dalam Diskusi Dilakukan Dengan Melatih Peserta Didik Menjadi Pribadi Yang Terbuka Mengemukakan Pendapat, Berlatih Menghargai Dan Menghormati Pendapat Orang Lain, Menerapkan Prinsip Keadilan Dalam PEMILU IPNU/IPPNU Dilakukandengan Memberikebebasan Atas Hak Memilih Dan Hak Dipilih, Bagi Kandidat Yang Mencalonkan Diri, Menerapkan Prinsip Kesetaraan Dalam PEMILU IPNU/IPPNU Dilakukan Dengan Tidak Diskriminasi Membedakan Antara Laki-laki Dan Perempuan,semua Peserta Didik Memiliki Hak Yang Sama Tanpa Melihat Latar Belakang.(2) Dampak Penerapan Nilai-nilai Multikultural Yaitu Menimbulkan Nilai Aqidah, Nilai Sosial Dan Nilai Akhlaq Pada Peserta Didik Yang Tercermin Dari Perilaku Peserta Didik Lebih Menghormati Dan Menghargai Perbedaan.
Silahkan login untuk meminjam