Skripsi / Tugas Akhir

20200011099
MUHAMAD FARID BASYARI



STUDI KOMPARATIF KURIKULUM SEKOLAH YANG BERAFILIASI KE TURKI DAN MESIR DI KABUPATEN PATI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN NASIONAL


Abstrak - ABSTRAK Muhamad Farid Basyari, NIM.20200011099. Studi Komparatif Kurikulum Sekolah Yang Berafiliasi Ke Turki Dan Mesir Di Kabupaten Pati Dalam Perspektif Pendidikan Nasional. Program Magister UNWAHAS Tahun 2021. Kata Kunci: Integrasi Kurikulum, Implementasi, Pendidikan Nasional Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia Terbagi Menjadi 2, Yaitu Pondok Pesantren Dan Madrasah, Keduanya Saling Berkaitan Dan Saling Membutuhkan. Pendidikan Di Indonesia Saat Ini Belum Sepenuhnya Dapat Membentuk Generasi Muda Yang Unggul Dan Berkarakter. Mayoritas Sekolah Hanya Fokus Mentransfer Ilmu Pengetahuan Tanpa Mendidik Karakternya Agar Menjadi Baik Sesuai Dengan Ajaran Nabi Muhammad SAW. Sehingga Dengan Adanya Integrasi Kurikulum Pondok Pesantren Dan Kurikulum Madrasah Diharapkan Mampu Membentuk Generasi Yang Khaira Ummah (insan Berintelektual, Spiritual Dan Berkarakter). Permasalahan Penelitian Adalah Bentuk Integrasi Kurikulum Pondok Pesantren Dan Kurikulum Madrasah, Implementasi, Evaluasi, Dan Dampak Adanya Implementasi Kurikulum Terhadap Pendidikan Nasional. Penelitian Ini Menggunakan Metode Kualitatif-deskriptif-analitik, Dengan Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Pada Uji Keabsahan Data Menggunakan Triangulasi Dan Membercheck. Dan Pada Metode Analisis Data Menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data, Kesimpulan Dan Verifikasi. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa: 1) Bentuk Integrasi Kurikulum Podok Pesantren Dan Kurikulum Madrasah Pada Pondok Pesantren Sulaimaniyah Kuryokalangan Gabus Dan Raudlatul Ulum Pada Integrasi Materi Dalam Satu Mata Pelajaran (Within Single Disciplines) Jenis Connected Model Yang Sudah Ada Upaya Untuk Membuat Hubungan Secara Eksplisit Dalam Satu Mata Pelajaran Dengan Menghubungkan Satu Topik Dengan Topik Lainnya. 2) Implementasi Integrasi Kurikulum Menggunakan Model Sistem, Dimana Terdapat Saling Keterkaitan Antar Satu Komponen Dan Komponen Lain. 3) Evaluasi Integrasi Kurikulum Menggunakan Model Objektif Yang Dilakukan Setiap Satu Tahun Sekali Pada Akhir Pengembangan Kurikulum. Keberhasilan Kurikulum Diukur Dari Penguasaan Siswa Pada Tujuan Utama Terinternalisasinya 4) Dampak Implementasi Kurikulum Terhadap Pendidikan Nasional Merupakan Imbas Dari Adanya Penerapan Kurikulum Terhadap Pendidikan Nasional Dan Pendidikan Yang Berlangsung Di Dalam Pondok Pesantren.
Silahkan login untuk meminjam