Skripsi / Tugas Akhir

18200011234
RIDWAN



THESIS : IMPLIKASI PEMIKIRAN AL-GHAZALI DAN GUS DUR TERHADAP NILAI – NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS MAFATIHUL HUDA PADAKATON KETANGGUNGAN BREBES.


Abstrak - ABSTRAK NAMA : RIDWAN NIM : 18200011234 JUDUL TESIS : IMPLIKASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM AL-GHAZALI DAN ABDURRAHMAN WAHID TERHADAP NILAI- NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MAFATIHUL HUDA PADAKATON Tesis Ini Membahas Tentang Penerapan Pemikiran Pendidikan Islam Al- Ghazali Dan Abdurrahman Wahid Terhadap Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Di MTs Mafatihul Huda Padakaton. Permasalahan Yang Diajukan Dalam Penelitian Ini Adalah Bagaimana Proses Penerapan Pemikiran Pendidikan Islam Al-Ghazali Dan Gus Dur, Serta Implikasi Pemikiran Al-Ghazali Dan Gus Dur Terhadap PAI Di MTs Mafatihul Huda Padakaton. Tujuan Penelitian Ini Adalah: (1) Untuk Menganalis Pemikiran Pendidikan Islam Al-Ghazali, (2) Untuk Menganalis Pemikiran Pendidikan Islam Gus Dur; Dan (3) Untuk Menelaah Implikasi Pemikiran Pendidikan Islam Al-Ghazali Dan Abdurrahman Wahid Terhadap PAI Di Madrasah Khususnya Di MTs Mafatihul Huda Padakaton. Penelitian Ini Dilakukan Dengan Menggunakan Pendekatan Penelitian Kualitatif. Dalam Pelaksanaan Penelitian Kualitatif Ini Untuk Membangun Pengetahuan Melalui Pemahaman Dan Penemuan. Penggunaan Pendekatan Penelitian Kualitatif Ini Dilakukan Karena Berkaitan Dengan Proses Penelitian Dan Pemahaman Yang Berdasarkan Pada Metodologi Yang Menyelidiki Fenomena Sosial Dan Masalah Manusia, Dengan Sumber Data Diambil Dari Hasil Wawancara, Observasi, Serta Dokumentasi Dari Piahak-pihak Yang Terkait Dengan Penelitian Ini. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa : (1) Pendidikan Islam Menurut Al- Ghazali Diharapkan Mampu Bertujuan Melahirkan Generasi Yang Kokoh Agamanya Dan Menekankan Pada Tiga Aspek Pokok Tersebut, Yaitu Fiqih Syafii, Kalam Asyari Dan Tasawuf Junaid Baghdadi. Dalam Hal Pembelajaran Al Ghazali Juga Sangat Menekankan Aspek Adab Antara Guru Dan Murid (2) Pendidikan Islam Dalam Perspektif Abdurrahman Wahid Merupakan Sebuah Kombinasi Antara Pemikiran Barat Dan Modern Sehingga Mampu Melahirkan Sistem Pendidikan Dalam Konsep Pembaruan Sesuai Dengan Tuntutan Zaman.Abdurrahman Wahid Juga Menyatakan Bahwa Pendekatan Pembelajaran Di Pesantern Harus Mampu Merangsang Kemampuan Berfikir Kritis, Sikap Kreatif Dan Juga Merangsang Peserta Didik Untuk Bertanya Sepanjang Khayat .Pendidikan Itu Harus Bersifat Demokratis Dan Mampu Mengeksplorisasi Disamping Pemikiran Anak.(3) Implikasi Dari Pemikiran Al Ghazali Dan Gusdur Di MTs Mafatihul Huda Padakaton Yaitu Selain Memadukan Dalam Pendidikan Juga Mengadopsi Pendidikan Yang Menekankan Ibadah Seorang Hamba Dan Sebagai Kholifah, Disamping Itu Pendidikan Itu Mewujudkan Peserta Didik Yang Menjadi Hamba Allah Dan Kholifahnya Dibumi. ABSTRAK NAMA : RIDWAN NIM : 18200011234 JUDUL TESIS : IMPLIKASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM AL-GHAZALI DAN ABDURRAHMAN WAHID TERHADAP NILAI- NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MAFATIHUL HUDA PADAKATON Tesis Ini Membahas Tentang Penerapan Pemikiran Pendidikan Islam Al- Ghazali Dan Abdurrahman Wahid Terhadap Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Di MTs Mafatihul Huda Padakaton. Permasalahan Yang Diajukan Dalam Penelitian Ini Adalah Bagaimana Proses Penerapan Pemikiran Pendidikan Islam Al-Ghazali Dan Gus Dur, Serta Implikasi Pemikiran Al-Ghazali Dan Gus Dur Terhadap PAI Di MTs Mafatihul Huda Padakaton. Tujuan Penelitian Ini Adalah: (1) Untuk Menganalis Pemikiran Pendidikan Islam Al-Ghazali, (2) Untuk Menganalis Pemikiran Pendidikan Islam Gus Dur; Dan (3) Untuk Menelaah Implikasi Pemikiran Pendidikan Islam Al-Ghazali Dan Abdurrahman Wahid Terhadap PAI Di Madrasah Khususnya Di MTs Mafatihul Huda Padakaton. Penelitian Ini Dilakukan Dengan Menggunakan Pendekatan Penelitian Kualitatif. Dalam Pelaksanaan Penelitian Kualitatif Ini Untuk Membangun Pengetahuan Melalui Pemahaman Dan Penemuan. Penggunaan Pendekatan Penelitian Kualitatif Ini Dilakukan Karena Berkaitan Dengan Proses Penelitian Dan Pemahaman Yang Berdasarkan Pada Metodologi Yang Menyelidiki Fenomena Sosial Dan Masalah Manusia, Dengan Sumber Data Diambil Dari Hasil Wawancara, Observasi, Serta Dokumentasi Dari Piahak-pihak Yang Terkait Dengan Penelitian Ini. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa : (1) Pendidikan Islam Menurut Al- Ghazali Diharapkan Mampu Bertujuan Melahirkan Generasi Yang Kokoh Agamanya Dan Menekankan Pada Tiga Aspek Pokok Tersebut, Yaitu Fiqih Syafii, Kalam Asyari Dan Tasawuf Junaid Baghdadi. Dalam Hal Pembelajaran Al Ghazali Juga Sangat Menekankan Aspek Adab Antara Guru Dan Murid (2) Pendidikan Islam Dalam Perspektif Abdurrahman Wahid Merupakan Sebuah Kombinasi Antara Pemikiran Barat Dan Modern Sehingga Mampu Melahirkan Sistem Pendidikan Dalam Konsep Pembaruan Sesuai Dengan Tuntutan Zaman.Abdurrahman Wahid Juga Menyatakan Bahwa Pendekatan Pembelajaran Di Pesantern Harus Mampu Merangsang Kemampuan Berfikir Kritis, Sikap Kreatif Dan Juga Merangsang Peserta Didik Untuk Bertanya Sepanjang Khayat .Pendidikan Itu Harus Bersifat Demokratis Dan Mampu Mengeksplorisasi Disamping Pemikiran Anak.(3) Implikasi Dari Pemikiran Al Ghazali Dan Gusdur Di MTs Mafatihul Huda Padakaton Yaitu Selain Memadukan Dalam Pendidikan Juga Mengadopsi Pendidikan Yang Menekankan Ibadah Seorang Hamba Dan Sebagai Kholifah, Disamping Itu Pendidikan Itu Mewujudkan Peserta Didik Yang Menjadi Hamba Allah Dan Kholifahnya Dibumi.
Silahkan login untuk meminjam