Skripsi / Tugas Akhir

19200011092
SUNARDI



UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SMK BHAKTI HUSADA PGRI BLORA


Abstrak - ABSTRAK Sunardi, NIM; 19200011092, Judul “Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Di SMK Bhakti Husada PGRI Blora” Pascasarjana Universitas Wahid Hasyim Semarang. Jumlah Halaman 167. Tujuan Penelitina Ini Adalah 1) Pelaksanaan Peran Guru PAIdalam Meningkatkan Pemahaman Pelajaran PAI Di SMK Bhakti Husada PGRI Blora. 2) Faktor Pendukung Dan Penghambat Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Pelajaran PAI Di SMK Bhakti Husada PGRI Blora. 3) Solusi Mengatsi Keadala Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Pelajaran PAI Di SMK Bkahkti Husada PGRI Blora. Metode Penelitian Ini Adalah Dengan Pendekatan Kualitatif, Sedang Sifat Penelitian Adalah Deskriptif, Analisis Deduktif Merupakan Bagian Dari Metode Analisis Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini. Analisis Deduktif Merupakan Penarikan Kesimpulan Yang Berdasarkan Atas Data-data Yang Khusus Kemudian Digeneralisasikan Pada Hal-hal Yang Bersifat Umum, Metode Penggalian Data Menggunakan Metode Wawancara. Hasil Penelitian Ini Bahwa: Pertama. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Pelajaran PAI Di SMK Bhakti Husada PGRI Blora Dilakukan Dengan Berbagai Upaya Diantaranya Adalah A) Melalui Pemberian Motivasi Dan Bimbingan Kepada Siswa, B) Pembelajaran PAI Dengan Media Gambar Terutama Pada Materi Praktek Shalat Dan Wudhu, C) Perbaikan Desain Pembelajaran, Mulai Dari Metode, Pendekatan, Model, D) Perbaikan Pengelolaan Kelas, E) Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Siswa, F) Evaluasi Dan Penilaian Pembelajaran PA.. Kedua. Pendukung Dan Kendala Peningkatan Pemahaman Pelajaran PAI Di SMK Bhakti Husada PGRI Blora. Faktor Pendukung Adalah A) Komitmen Guru PAI, B) Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah, C) Dukungan Orang Tua, D) Terdapat Siswa Yang Antusias Dan Sadar Pentingnya Pendidikan Agama Islam, E) Sarana Dan Prasarana Yang Memadai. Faktor Penghambat Adalah A) Kurangnya Jam Mata Pelajaran PAI, B) Terdapat Sebagian Siswa Yang Kurang Konsentrasi Belajar, C) Pengaruh Buruk Lingkungan, D) Lemahnya Dukungan Dan Perhatian Dan Peran Sebagian Orang Tua Terhadap Pendidikan Anaknya. Ketiga Solusi Mengatasi Kendala Dalam Intensifikasi Pelajaran PAI Di SMK Bkahkti Husada PGRI Blora. A) Mengatasi Kekurangan Jam Pelajaran PAI. B) Mengatasi Masalah Pengaruh Lingkungan Yang Tidak Baik. C) Mengatasi Siswa Yang Kurang Konsentrasi Dalam Belajar Adalah Dengan Pendekatan Individu Atau Dengan Pendekatan Kelas D) Kuranganya Perhatian Orang Tua Terhadap Dukungan Dan Perhatian Serta Peran Orang Tua Pada Pendidikan Anak, Solusi Yang Diberikan Adalah Memberikan Arahan Pada Saat Ada Rapat Orang Tua Atau Wali Kelas Memberikan Pendekatan Kepada Orang Berkenaan Dengan Pentingnya Dukungan Dan Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anaknya. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Pemahaman Mata Pelajaran PAI.
Silahkan login untuk meminjam