Skripsi / Tugas Akhir

20200011115
TITIN LUTFIATIN



URGENSI PENANAMAN NILAI PAI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA ANAK TIDAK SEKOLAH PADA GERAKAN KEMBALI BERSEKOLAH (GKB) DI SMP 01 AL HIKMAH BENDA SIRAMPOG


Abstrak - ABSTRAK Titin Lutfiatin NIM.: 20200011115. Urgensi Penanaman Nilai PAI Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Anak Tidak Sekoolah Pada Gerakan Kembali Bersekolah ( GKB ) Di SMP AL HIKMAH 01 BENDA SIRAMPOG,Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam,Kecerdasan Spiritual,Anak Tidak Sekolah Pendidikan Agama Islam Melalui Ajaran Akidahnya, Perlu Menekankan Pentingnya Persaudaraan Umat Beragama. Tetapi Sekaligus Juga Menekankan Arti Pentingya Penghayatan Keimanan Tadi Dalam Kehidupan Sehari-hari,tetapi Masih Terdapat Sebagian Masyarakat Yang Memiliki Kesadaran Rendah Terhadap Pendidikan. SMP Al Hikmah 1 Benda Sirampog Yang Merupakan Salah Satu Sekolah Yang Terdorong Untuk Membantu Meminimalisir Jumlah Anak Tidak Sekolah Di Kabupaten Brebes Melalui Program GKB ( Gerakan Kembali Bersekolah ) Yang Dimulai Sejak Tahun 2018 Hingga Sekarang. Hingga Tahun 2021 Sekolah Ini Telah Memfasilitasi Anak-anak Tersebut Hingga Lulus Berjumlah 20 Siswa ATS. Kemudian Penanaman Nilai-nilai PAI Tidak Sekedar Berhenti Pada Aspek Kognitif Belaka, Melainkan Melainkan Nilai-nilai Tersebut Akan Tumbuh Menjadi Sebuah Karakter Yang Mendarah Daging Pada Diri Siswa Secara Kokoh, Aspek Inilah Yang Dimaksud Adalah Terbangunya Kecerdasan Spritual Siswa Yang Akan Menjadi Motor Atau Penggerak Dalam Membangun Kehidupan Yang Lebih Baik Dilingkungan Masing-masing. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Lapangan Dengan Menggunakan Pendekatan Kualitatif. Data Yang Diperoleh Didapat Melalui Metode Observasi,wawancara Dan Dokumentasi. Dengan Responden Ialah Kepala Sekolah, Guru, Dan Siswa. Peningkatan Kecerdasan Spritual Yang Dimiliki Oleh ATS Di SMP Al Hikmah 01 Benda Sirampog Merupakan Buah Dari Penanaman Nilai-nilai PAI, Peningkatan Disederhanakan Menjadi Dua Bagian Yakni Tanggung Jawab Pribadi Sebagai Hamba Allah Swt Yang Ditandai Dengan Meningkatkan Pemahaman, Keyakinan Dan Kemampuan Praktik Dalam Ibadah, Dan Tanggung Jawab Sebagai Mahluk Sosial Ditunjukkan Dengan Peningkatan Sopan Santun Dan Muncul Jiwa Sosial. Sementara Yang Menghambat Hanya Sebagian Kecil Seperti Komunikasi Orang Tua Dan Sekolah Yang Belum Inten, Dan Stigma Negatif Yang Masih Ada Pada Siswa ATS. Ketika Faktor Pendukung Bisa Dioptimalkan Maka Faktor Penghambat Secara Perlahan Akan Bisa Dikendalikan. Pihak Sekolah, Pondok Dan Orang Tua Hendaknya Bisa Bekerjasama Lebih Inten Sehingga Penanganan ATS Di SMP Al Hikmah 01 Bisa Lebih Maksimal. Kepada Para Calon Peneliti, Bahwa Dalam Hal ATS Masih Banyak Aspek- Aspek Yang Bisa Dikaji Lebih Dalam Untuk Membantu Penanganan ATS Di Kab Brebes Seperti Analis Faktor ATS, Analisis Keberhasilan Program GKB (gerakan Kembali Bersekolah) Dll. Pemerintah Kab. Brebes Diharapkan Bisa Melibatkan Para Peneliti Atau Akademisi Untuk Membantu Proses Penanganan ATS Melalui Media Riset Atau Penggungaan Tenkhnologi Tepat Guna.
Silahkan login untuk meminjam